Saat memutuskan untuk berbisnis, ternyata kita perlu memikirkan banyak hal, terutama jika kita akan concern berbisnis di digital. Tak sekedar berjualan, kita juga perlu memikirkan untuk membangun kekuatan brand, terlebih jika orientasi bisnis kita jangka panjang.
Dalam berbisnis juga ternyata terdapat level-level tertentu yang menunjukkan seberapa eksis brand milik kita. Sejauh ini, ada empat level yang menunjukkan eksistensi bisnismu ada di posisi mana.
Semakin tinggi level bisnismu maka makin meningkatkan eksistensi bisnismu.
Berikut empat level bisnis yang kamu wajib tahu!
1. Level 1

Pada level ini, biasanya kamu mengadaptasi segala hal yang pada kompetitor atau brand yang kamu jadikan inspirasi. Biasanya hal yang diikuti mulai dari produk, promo, hingga cara penjualan. Meski sah-sah saja, tetapi jika terus dilakukan akan menghambat perkembangan bisnis milikmu.
2. Level 2

Pernahkah kamu mendengar istilah ATM atau Amati, Tiru, dan Modifikasi? Jika iya dan kamu menerapkannya dalam bisnismu berarti kamu sudah ada di level 2. Lakukan berbagai perubahan dan inovasi pada bisnismu yang membuat bisnismu akan lebih mudah berkembang.
Meski demikian, pastikan modifikasi yang kamu lakukan tetap relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan serta target pasar yang diincar.
3. Level 3

Pada level ini, orientasi bisnis milikmu sudah tak lagi sekedar berjualan saja tetapi juga membangun kekuatan brand. Berbagai cara dilakukan mulai dari pengembangan konten, melakukan promosi online, serta membangun relasi yang baik dengan konsumen.
4. Level 4

Jika kamu mulai membutuhkan bantuan tim untuk mengembangkan bisnis milikmu seperti customer services, graphic design, hingga copywriter, berarti bisnismu sudah ada di level 4. Pada level ini menunjukkan bahwa bisnismu berorientasi jangka panjang dan sudah mulai banyak dikenal orang.