Milenial Membunuh Retail Konvensional?

Sudah tidak asing bukan dengan istilah milenial?

Kaum Milennial adalah mereka mereka generasi muda yang terlahir antara tahun 1980an sampai 2000. Kaum Millennial terlahir dimana dunia modern dan teknologi canggih diperkenalkan publik.

(pengertian milenial dari Wikipedia).

milenial
Milenial

Kaum milenial tidak hanya meggunakan teknologi digital, tetapi mereka hidup dengan teknologi seperti penggunaan gadget, berkomunikasi, bermain game, menggunakan social media termasuk untuk berbelanja.

Belanja online
Belanja Online

Sekarang ini belanja secara online sedang berkembang pesat, semua orang dari berbagai kalangan sudah dapat mengakses internet dengan lebih mudah. Kebanyakan kaum milenial lebih suka berbelanja online selain lebih murah, tetapi kaum milenial lebih mengedepankan unsur praktis atau instant, mereka tidak perlu lagi berkutat dengan kemacetan, biaya parkir yang tinggi, sehingga waktu yang terbuang menjadi lebih sedikit. Kemudian apa kaum milenial akan membunuh retail konvensional? yang dinilai sudah tidak praktis dan instant seperti belanja online.

milenial online shopping
milenial online shopping

Pada postingan kali ini akan membahas salah satu platform yang menjadi solusi retail untuk brand dan pembeli baik secara online maupun offline.

Platform merupakan program untuk berjalannya teknologi sistem hardware dan software dan merupakan kombinasi diantara keduanya, sehingga aplikasi tersebut dapat berjalan. Platform ada banyak jenisnya, salah satunya adalah Omni Channel Retail Solution kenapa? sebab Omni Channel merupakan solusi bisnis untuk brand/pengusaha untuk menyatukan penjualan secara online dan offline.

omni channel
Omni Channel

Banyak Ecommerce yang tidak bisa menselaraskan antara stock barang secara online dan offline sehingga manajemen stock menjadi kurang efisien, platfform Omni Channel sendiri selayaknya bisa mengatur dan menselarasakan antara online dan offline, meliputi transaksi offline dan online,accounting dan finance, HR, operasional dan inventori.

Milenial
Milenial

Omni Channel berfokus pada customer journey yang menyeluruh, dan ini sudah sangat tepat untuk diadaptasi oleh pebisnis ritel zaman now, karena semua channel penjualan seperti toko offline, ecommerce, social media dapat diakses dan terintegrasi melalui mobile, web, tablet, smartwatch, dan lain-lain. Omni channel akan dapat memberikan pengalaman baru dalam berbelanja dan juga dapat memberikan kepuasan belanja secara maksimal terutama kepada kaum milenial”.