Masih Potensialkah Berbisnis Perhiasan Dalam Negeri?

bisnis perhiasan lokal

T ak hanya bisnis di bidang fashion dan kuliner, ternyata bisnis di bidang perhiasan pun terbilang cukup menjanjikan. Bisnis perhiasan di Indonesia dirasa masih cukup potensial dan memiliki peluang pertumbuhan yang besar. Selain sebagai aksesoris, bagi sebagian orang juga perhiasan merupakan alat yang tepat untuk investasi.

Faktor gengsi dan status sosial turut memicu pasar perhiasan kian cemerlang ketika banyak kaum sosialita dari luar negeri berlomba untuk mendapatkan perhiasan mewah berlanggam tradisional ini.

Salah satu brand perhiasan lokal yang sudah cukup terkenal Lino & Sons ikut memerhatikan perkembangan bisnis perhiasan lokal saat ini. Melalui Direktur Marketingnya, Ivan Lingga mengungkapkan setidaknya ada tiga hal dasar yang menyebabkan bisnis perhiasan lokal masih terbilang prospektif.

produksi perhiasan lokal
instagram.com/linoandsons

 

Pertama, karena inflasi di negara berkembang termasuk Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan perhiasan baik emas ataupun berlian masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Kedua, ialah peluang pasar yang besar karena jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar. Bahkan, saat ini masyarakat Indonesia sudah dianggap masuk ke kelas menengah.

Terakhir ialah membeli perhiasan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Diakui ataupun tidak, membeli perhiasan memang sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat Indonesia. Contoh kecilnya dalam membelikan kado ulang tahun saja, beberapa orang memilih perhiasan untuk diberikan kepada teman ataupun pasangannya.

bisnis toko emas
ANTARA FOTO/Rudi Mulya

 

Meski dianggap merupakan bisnis yang potensial, tetapi bisnis perhiasan juga memiliki kendala yang lain. Ivan mengungkapkan bahwa harga bahan baku terbilang dikisaran angka yang cukup tinggi. Ia berharap pemerintah bisa memberikan insentif untuk pembelian bahan baku baik itu lokal maupun impor. Hal itu dirasa mampu mendorong pertumbuhan industri perhiasan lokal.

Dalam menjalankan bisnisnya, Ivan menyebut Lino & Sons mengandalkan dua hal agar bisa terus bersaing dengan produk lokal ataupun internasional lainnya. Pertama, produk yang inovatif menjadi suatu keharusan untuk memanjakan konsumennya. Kedua, pelayanan maksimal untuk memberikan kenyamanan pelanggannya dalam berbelanja di tokonya.