S alah satu brand lokal yang berhasil menggapai pasar internasional ialah Peter Says Denim (PSD). Berdiri sejak tahun 2008, brand lokal asal Bandung ini awalnya dikenal dengan produk denim dan juga jeansnya.
Awal berdiri, PSD membuat jeans slim atau skinny yang nyaman karena saat itu menyesuaikan iklim Indonesia yang panas dan lembab.
– Peter Firmansyah, Owner Peter Says Denim
Pemilihan nama Peter Says Denim sendiri diambil dari nama sang owner yang bernama Peter Firmansyah. Diakui Peter, ia terinspirasi dari brand-brand luar negeri yang kebanyakan menggunakan nama si pemilik sebagai brandnya.
Dalam melakukan promosinya, PSD menggunakan jasa endorsement band-band kenamaan. Tak hanya band dalam negeri, PSD juga seringkali menggunakan endorsement band luar negeri.
“Kita endorse beberapa band yang kita sukai, kadang juga ikut tour band di Amerika dan mensponsori acara mereka. Beberapa kesempatan juga bantu membuat video klip band-band tersebut,” ungkap Peter.

Dengan mengendorsement band-band kenamaan, PSD merasakan keuntungannya yang kini produknya juga disukai masyarakat mancanegara. Hal ini karena fans dari band yang ia endorse secara otomatis juga kini menyukai produk PSD.
Dalam memulai usahanya, PSD langsung terjun di dunia online marketing. Maka di era disrupsi yang serba teknologi saat ini, PSD tidak begitu kaget karena sudah memulai bisnis digital sejak awal berdiri.

Meski demikian, PSD juga tetap menjual barangnya secara offline walaupun prsentasenya hanya mencangkup 5% saja. Itupun, mereka jual hanya pada event-event tertentu.
Dalam mendirikan PSD, Peter mengorbankan banyak hal mulai dari uang, tenaga, hingga resiko-resiko buruk yang ia hadapi. Hanya saja berkat kegigihannya, kini PSD menjadi salah satu brand lokal yang sudah meraih banyak kesuksesan.