Industri denim semakin harinya semakin mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari mulai menjamurnya para pelaku bisnis serta para pecinta denimnya. Tak sekedar memakai denim, kini orang-orang mulai mencari tahu lebih mendetail seputar denim.
Nobrandedon (NBDN) merupakan salah satu brand denim yang meramaikan industri denim tanah air. Berdiri sejak tahun 2011, brand denim asal Bandung ini hadir karena kecintaan foundernya terhadap jeans.
“Dulu foundernya itu emang pebisnis dan punya beberapa jenis usaha. Kebetulan dia juga tergabung di komunitas denim gitu. Hingga akhirnya terpikirkan buat membangun NBDN karena dirasa akan mudah ada mendeliver-nya,” ujar Co-Founder NBDN, Hamzah Nashiruddin.
Brand kita itu kaya “from zero to hero”, dari yang bukan apa-apa dan lewat perjuangan keras.
Hamzah juga bercerita pada saat NBDN dibangun, industri denim tanah air masih terbilang sepi. Terhitung hanya hitungan jari saja brand denim yang eksis dan punya market sendiri. Event Wall of Fades dinilai jadi salah satu titik balik meningkatnya industri denim tanah air.
“Triggered bisnis denim mulai ramai tuh ya karena ada event Wall of Fades. Itu kan event denim terbesar se-Asean yang mana akarnya sendiri dari komunitas. Ya, darisitulah banyak orang yang tertarik untuk berbisnis di sektor denim,” tambah Hamzah.

Meski industri denim tanah air mengalami peningkatan, tetapi NBDN lebih memilih untuk menargetkan pangsa pasarnya di luar negeri. Hingga saat ini, NBDN menjual produknya secara offline di beberapa negara seperti New Zealand, Thailand, Belanda hingga Nepal.
Hamzah menuturkan meski industri denim tanah air tengah meningkat tapi pasar lokal itu terbilang sempit dan berputar disitu-situ saja. Selain itu culture belanja di luar negeri juga dirasakan cukup berbeda dengan belanja di Indonesia.
“Kalau konsumen kita dari luar negeri itu, gak banyak nanya dan langsung bayar aja. Kalau di sini kan masih sering tiba-tiba cancel gak jadi beli,” cerita Hamzah.
Meski demikian pada akhirnya konsumen lokal pun mulai tergaet oleh NBDN. Bahkan, saat ini presentase menunjukkan bahwa 40 persen konsumennya merupakan pasar lokal.

Secara produk, patchnya patchnya yang dibuat secara handmade menjadi ciri khas dari NBDN yang membedakan dengan brand denim lainnya. NBDN juga mengakomodasi semua jenis denim, karena mereka tidak terlalu memilih-milih bahan. Yang terpenting ialah bahan tersebut cocok diterapkan dengan artikel mereka.
Tak hanya berjualan celana denim, NBDN juga berjualan t-shirt dan juga jaket walau dalam presentase yang masih kecil. Dalam beberapa waktu ke depan, NBDN ingin meluncurkan produk-produk non denim serta produk statement sebagai pelengkap brandnya.
Dibanderol dari harga Rp. 900.000 hingga Rp. 2,3 juta, produk-produk NBDN bisa kamu beli secara online melalui Instagram @nobrandedon_ina ataupun website resminya www.nbdndenimsupply.co.