Cara Brand Aksesoris Lokal Bertahan Saat Pandemi Ala Tulola Design

franka franklin happy salma sri luce risna

Di masa pandemi yang saat ini tengah terjadi, banyak brand aksesoris yang tidak bisa bertahan dan terpaksa harus menutup bisnisnya. Hal ini disebabkan ketidaksiapan mereka dalam menghadapi situasi mendadak seperti pandemi Covid-19 ini.

CEO & Co-Founder Tulola Design, Franka Franklin mengungkapkan tips bagaimana brand aksesoris bisa bertahan di tengah pandemi seperti saat ini. Hal ini ia sampaikan, saat ia menjadi narasumber di acara Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.

Tulola Design merupakan brand perhiasan milik Franka Franklin, Sri Luce Rusna, dan Happy Salma.

Franka bercerita bahwa Tulola Design merupakan brand perhiasan dari Bali yang sudah berdiri sejak 13 tahun silam. Brand perhiasannya ini memiliki visi untuk melestarikan karya yang ada sejak dahulu tetapi dikemas lebih modern sehingga bisa diterima masyarakat masa kini.

Ia mengakui bahwa pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi sedikit banyaknya mengganggu Tulola Design dalam mencapai visi bisnis mereka. Franka menjelaskan bahwa toko offline Tulola Design sempat sepi pengunjung serta harus tutup di masa PSBB kemarin.

brand aksesoris lokal
instagram.com/tuloladesigns

 

Meski demikian, Franka bersama dua partnernya yaitu Sri Luce Rusna dan Happy Salma memiliki strategi dalam menghadapi situasi tersebut. Pertama, Tulola Design harus memastikan terlebih dahulu kalau karyawannya tetap sehat serta meminimalisir pengeluaran sekecil mungkin.

Digital marketing jadi hal lainnya yang ditekankan oleh Franka di masa pandemi ini. Sejauh ini, Tulola sudah mengukuhkan blog bisnis serta memaksimalkan penjualan secara online baik melalui website maupun Instagram.

tulola design
instagram.com/tuloladesigns

 

Nama besar Tulola Design juga sedikit banyaknya membantu penjualan mereka di masa pandemi ini. Hal ini karena konsumennya sudah memiliki brand experience terhadap produk-produk dari Tulola Design.

Selain itu, kualitas produk yang dihadirkan Tulola juga jadi poin plus lainnya yang mampu menarik perhatian konsumen. Tulola memang konsisten mengedepankan orisinalitas, relevan, otentik, serta sisi budayanya. Franka menjelaskan bahwa Tulola tidak selalu mengikuti tren yang sedang ramai dipasaran.

Ia juga menjelaskan bahwa aksesoris itu mesti longlasting, simple, serta bisa digunakan kapan saja. Hal inilah yang diterapkan Franka pada produk-produk Tulola Design.