Berbisnis dengan Kegembiraan Ala Cosmic

brand lokal bandung

N ama Cosmic tentu bukanlah merupakan nama yang asing bagi para pecinta barang distro di Bandung, Ya, Cosmic merupakan salah satu distro di Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2001 silam. Cosmic sendiri menjual berbagai produk baik pria maupun wanita seperti kaus, kemeja, jaket, beserta aksesoris penunjangnya.

Sang owner Yudhi Febriantono mengungkapkan bahwa dalam memulai usahanya ini ia benar-benar memulainya dengan modal nekat. Berbekal kemahirannya di bidang desain, akhirnya pria lulusan sarjana ekonomi ini memberanikan diri untuk merintis usaha di bidang fashion.

Saat itu, Yudhi hanya mengurus permasalahan desain, sementara untuk produksi ada pihak lainnya yang mengurus. Untuk permasalahan penjualannya, Yudhi menitipkan produknya ke beberapa distro di Bandung dan Jakarta.

brand lokal bandung
instagram.com/cosmicclothes

 

Namun setelah beberapa lama akhirnya Yudhi membangun distro sendiri dengan nama Cosmic. Melalui perjalanannya tersebut, Cosmic kini sudah menjadi brand lokal yang cukup sukses meraup pasar nasional. Tak hanya di Jawa, Cosmic kini juga sudah menyebar ke Sumatera bahkan Papua. Tak hanya itu, Cosmic juga sudah mengekspor produknya ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Australia, dan Brunei Darussalam.

Kami melakukan ini semua berdasarkan kegembiraan. Definisi kegembiraan inilah yang diterapkan ke proses bisnis.

Yudhi mengungkapkan bahwa promosi menjadi poin penting dalam kesuksesan Cosmic hingga saat ini. Promosi yang dilakukan harus memunculkan kegembiraan. Maka dari itu berbagai promosinya berbentuk School of Joy, down hill, hiking, dan vespa riding. Promosi dalam bentuk ini dianggap mampu menonjolkan karakter dari Cosmic.

 

brand lokal bandung
instagram.com/cosmicclothes

Selain itu, pemanfaatan endorser juga dinilai menjadi langkah promosi yang cukup efektif untuk mendongkrak nama produknya.

Cosmic sendiri berhasil menggandeng beberapa musisi besar untuk endorsement produknya. Nama-nama seperti David ‘Naif’, Kaka ‘Slank’, dan Herru ‘Shaggy Dog’ berhasil digaet Cosmic sebagai endorser.

Tak hanya fokus di Cosmic, Yudhi juga memperlebar usahanya dengan membuat merek lainnya seperti Infamous dan Mighty.

 

Ketiga brand milik Yudhi ini memiliki target pasarnya masing-masing. Jika Cosmic dengan harga produknya yang berkisar dari Rp. 120 ribu hingga Rp. 400 ribu tentu menyasar masyarakat kelas menengah.

Sementara, Infamous dengan harga yang berkisar dari Rp. 150 ribu hingga Rp. 800 ribu jelas menunjukkan kalau mereka menyasar masyarakat menengah ke atas. Sementara Mighty diperuntukkan kaum menengah ke bawah karena harga jual produknya berkisar dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 250 ribu.