Dampak Covid-19, Hadir Festival Bertajuk “Hari Belanja Brand Lokal”

festival belanja online

Untuk memanjakan masyarakat Indonesia yang harus berdiam diri di rumah, akan diselenggarakan festival belanja online brand lokal pertama di Indonesia pada 25 hingga 27 April mendatang. Tercatat, acara ini akan diikuti oleh lebih dari 1.000 brand lokal di tanah air dan digelar di berbagai kanal online.

Sudah saatnya brand lokal mengambil perhatian lebih dari masyarakat Indonesia, karena secara kualitas, desain dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merk global.

Panitia “Hari Belanja Brand Lokal”, Achmad Alkatiri mengungkapkan bahwa festival belanja online ini diharapkan sebagai medium yang tepat baik bagi para konsumen yang butuh pakaian baru tapi tidak bisa keluar rumah, serta bagi para seller yang terkena dampak dari virus Covid-19.

“Hari Belanja Brand Lokal yang pertama ini diorganisir oleh dan untuk brand lokal Indonesia. Teman-teman dari beberapa brand bergotong- royong mengorganisir inisiatif ini, setelah melihat dampak krisis Covid-19 yang cukup signifikan terhadap bisnis,” ungkap Achmad.

belanja online brand lokal
pixabay.com

 

Dampak dari Covid-19 memang cukup dirasakan oleh para pebisnis brand lokal. Tercatat hingga saat ini mayoritas brand lokal di tanah air mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen. Hal tersebut juga ternyata memengaruhi terhadap keberlangsungan bisnisnya yang memang didominasi oleh UMKM.

Maka dari itu, Achmad dan rekan-rekannya tergugah untuk menghadirkan festival “Hari Belanja Brand Lokal” yang diharapkan jadi ajang saling menguatkan antara sesama pebisnis brand lokal.

“Disaat seperti inilah bersatu dan saling mendukung menjadi hal yang krusial. Inisiatif ini tidak hanya mengenai promosi kepada konsumen. Tapi juga solidaritas antar sesama brand lokal. Jadi akan ada program sharing dari brand lokal yang lain, kelas online keuangan bisnis, tips, dan hal-hal lainnya yang membuat pemilik brand lebih siap menghadapi krisis,” tambah Achmad.

brand sepatu lokal brodo
hitsss.com

 

Brand-brand lokal yang ikut bergabung di Hari Belanja Brand Lokal didominasi oleh sektor fashion. Salah satu yang bergabung ialah brand sepatu lokal asal Bandung Brodo.

Founder sekaligus CEO dari Brodo, Yukka Harlanda menjelaskan bahwa dirinya bangga bisa ikut menginisiasi sekaligus menjadi bagian dari “Hari Belanja Brand Lokal”. Festival ini ia rasa akan mampu membentuk support system untuk teman-teman brand lokal kedepannya.

“Karena kekuatan sesungguhnya dari brand lokal adalah sense of community kita, bersama-sama kita saling membantu untuk tetap tangguh merespon situasi, karena kompetisi kita sebenarnya adalah brand luar. Hanya dengan semangat gotong royong lah ini bisa kita lalui bersama sama,” tutup Yukka.