Di masa pandemi ini, para pebisnis ritel tentu memiliki permasalahan dengan bisnis offline-nya. Hal ini membuat bermunculannya platform online yang dianggap mampu membantu para peritel untuk tetap mempertahankan eksistensi bisnisnya. Salah satu strateginya dengan menerapkan omnichannel.
Omnichannel mengintegrasi bisnis online dan juga offline.
Omnichannel dianggap mampu membantu para pebisnis ritel untuk mengelola toko fisik dan juga beberapa platform penjualan online secara bersamaan. Kehadiran Omnichannel juga dianggap mampu membantu melebarkan sayap bisnisnya jadi jauh lebih luas.
Bagi para pebisnis, Omnichannel juga akan memudahkan mereka untuk melihat ketersediaan stok dan juga mengakses informasi mengenai platform belanja dan produk yang disukai konsumen. Omnichannel juga akan terus mengupdate data penjualan.
Namun manfaat Omnichannel ternyata tak hanya dirasakan oleh para pelaku bisnisnya saja tetapi juga para konsumennya. Para konsumen akan mendapat kemudahan mendapatkan barang yang mereka inginkan dimanapun mereka berada dengan nyaman dan praktis.

Menurut literatur sebuah studi, pengeluaran konsumen yang berbelanja melalui saluran omnichannel jauh lebih tinggi 15 hingga 30% dibandingkan konsumen yang berbelanja lewat satu platform atau multichannel.
Bahkan, studi dari Goodle dan sejumlah lembaga riset lainnya menyebut bahwa 75% konsumen lebih cenderung mengunjungi toko jika mereka menemukan informasi secara online melalui web. Hal ini membuat omnichannel tak hanya meningkatkan penjualan di platform online saja tetapi juga berimbas ke toko offline-nya.
Nah, buat para pebisnis yang tertarik menggunakan saluran Omnichannel untuk bisnismu, kamu bisa berkenalan dengan sistem IndiePOS dari Indie Market Indonesia. Kamu bisa cari tahu sistem Omnichannel ini dengan mengunjungi Instagram @indiemarket.official atau langsung ke situs indieomnipos.com.