B erawal dari tugas kuliah, wanita berusia 24 tahun Talita Natalia berhasil membangun sebuah brand aksesoris yang bernama Klar. Talita memulai bisnisnya ini diawali dari tugas kuliah yang kemudian ia kembangkan menjadi sumber penghasilannya.
Saat itu, Talita diberi tugas untuk membuat sebuah brand yang belum ramai di pasaran. Jika teman-teman kuliah Talita kebanyakan menciptakan produk baju dengan desain dan model yang beragam, Talita justru lebih tertarik untuk menciptakan aksesoris.
Aksesoris merupakan bentuk pengekspresian seseorang terhadap style dan imajinasinya.
– Talita Natalia
Entrepreneur muda ini menyebut bahwa saat itu produk-produk aksesoris masih memiliki pasar yang sangat kecil. Selain itu, Talita juga merasa bahwa aksesoris akan dibutuhkan banyak orang karena fungsinya sebagai pelengkap dan penunjang fashion.
“Saya menyadari kalau aksesoris itu lebih berani dari segi desain ketimbang baju. Kalau baju desainnya terlalu aneh, orang malah gak mau pakai. Tapi berbeda dengan aksesoris, walau desainnya aneh tapi masih ada orang yang berani pakai karena ukurannya kecil dan tidak terlalu terekspos,” ungkap Talita.

Dalam membangun brandingnya, Talita memilih konsep desain perhiasan yang minimalis. Hal ini dikarenakan, Talita melihat bahwa belum banyak perhiasan yang menyentuh garis desain yang minimalis. Meski demikian, Talita mengklaim bahwa produk Klar tetap statement sebagai sebuah aksesoris.
Salah satu langkah untuk menghadirkan kesan produk aksesoris yang minimalis namun tetap statement ialah dengan pemilihan materialnya. Talita memilih akrilik sebagai material produknya.
“Saya pilih akrilik sebagai material utamanya, karena akrilik itu kan bening tapi solid bentuknya, jadi saya pikir kalau akrilik itu bisa menggambarkan filosofi desain saya dengan baik,” tambah Founder yang sekaligus menjabat sebagai Creative Director Klar.

Dalam mengembangkan bisnisnya ini, Talita bercerita bahwa memperkenalkan Klar ke masyarakat awam merupakan tantangan terberat yang ia rasakan. Pasalnya, akrilik sebagai material sebuah aksesoris merupakan hal yang baru dan jadi tantangan tersendiri untuk Klar.
“Pernah ada customer yang bilang ini barangnya cacat ya, padahal ya itu karena material yang kita pilih. Jadi ya kita mesti lebih mengedukasi customer kita tentang brand dan produk kita,” tutup Talita.
Bagi kamu yang tertarik dan ingin tahu produk Klar lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Instagram @klar_access ataupun website resminya www.klar-access.com.